Meningkatkan Kinerja Android Tanpa Root bagi Pemula

Setiap perangkat elektronika seperti gadget atau laptop misalnya, pasti akan mengalami penurunan performa seiring lamanya penggunaan. Apalagi jika laptop atau smartphone kita sudah terlalu penuh dengan aplikasi aplikasi. Anda pasti pernah mengalaminya, bukan? Performa Smartpone anda sudah tidak secepat waktu pertama kali anda membelinya.

Pada dasarnya semua perangkat canggih seperti komputer ataupun smartphone, pasti akan mengalami penurunan performa seiring berjalanya umur gadget tersebut. Namun penurunan performa tersebut tidak akan begitu terasa jika anda tahu bagaimana cara merawat gadget anda dengan benar. Atau jika smartphone anda saat ini sudah terlanjur lemot dan sudah sering error, anda masih bisa meningkatkan kinerja android anda dengan mengikuti tips-tips yang akan alynusron bagikan ini. Tenang saja karena tips-tips yang akan alynusron bagikan ini sangat bisa untuk dilakukan bahkan oleh anda yang masih gaptek sekalipun. Anda tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.
Kenali Spesifikasi dan Kemampuan Smartphone
ini adalah merupakan langkah yang paling dasar yang perlu anda lakukan. Sebab dengan anda mengetahui spesifikasi smartphone android anda, anda jadi lebih bisa mengatur mana aplikasi yang mampu dijalankan oleh andoid anda dan mana yang tidak kompatibel dengan gadget anda. Untuk mempermudah anda dalam mengenali smartphone anda,
Anda bisa memasang aplikasi CPU-Z. aplikasi ini berfungsimemantau processor, memori, kapasitas baterai, sensor, system yang dipakai dan lain-lainnya secara detail.
Gunakan Memory Card yang Baik dan Cepat
semakin banyaknya aplikasi ataupun data seperti gambar, video, foto, atau yang lainya yang tersimpan pada Sdcard anda secara otomatis akan memperlambat kinerja android anda. Maka dari itu saya sarankan untuk tidak menggunakan secara keseluruhan space/kapasitas memorycard anda untuk menyimpan file. Perhatikan juga dalam membeli Sdcard. Pastikan memillih memory yang bener-bener berkualitas. Jangan sekali kali membeli sdcard murahan tapi malah berefek buruk terhadap android anda yang harganya tidak murah tersebut.
Buang Aplikasi yang Kurang Bermanfaat
Biasakan untuk hanya menginstall aplikasi yang benar-benar anda butuhkan. Uninstall aplikasi yang kurang bermanfaat untuk anda. Aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan hanya akan memperberat kinerja android anda.
Nonaktifkan Bloatware atau Aplikasi yang Tidak Perlu
Selain aplikasi yang kurang bermanfaat pada poin sebelumnya, smartphone Anda pasti dilengkapi juga dengan aplikasi bawaan vendor (aplikasi pabrikan samsung, oppo, sony dll).
Aplikasi asli bawaan vendor ini terkadang tidak bermanfaat sama sekali dan hanya membuat android berat, itulah sebabnya disebut bloatware. Aplikasi ini biasanya tidak dapat di-uninstall atau tidak dapat dibuang, terlebih pada ponsel yang belum diroot. Tapi tenang saja, untungnya masih dapat dinonaktifkan atau didisable. Berikut cara disable aplikasi pada android:
Buka menu setting.
Buka Application manager.
Cari dan pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan misalkan “Google search”
pilih saja turn off dan jangan lupa uninstall update terlebih dahulu jika memang pernah diupdate.
Matikan Fitur Sync (Synchronization)
fitur sync sebenarnya kurang begitu bermanfaat bagi kebanyakan pengguna android. Atau bahkan banyak dari kita yang tidak tahu apa sebenarnya manfaat atau kegunaan dari fitur ini. Jadi daripada hanya akan memperberat kinerja android anda, maka saya sarankan untuk matikan saja fitur ini.
Update Mesin Android
Pastikan untuk
selalu mengupdate engine dan kernel android ke versi terbaru. Update Google yang dilakuka secara berkala bergunamelakukan perbaikan bahkan fitur termasuk perbaikan bug, yang menjadikan android anda lebih stabil dan perbaikan performa lainnya. Cara updatenya mudah, anda cukup dengan terkoneksi dengan internet dan pastikan baterai minimal 80%. Buka setting atau pengaturan -> About Device atau tentang perangkat -> Software Update atau Pembaharuan Perangkat -> Update.

Oke mudah bukan cara agar kinerja android anda bisa meningkat? Pada artikel berikutnya masih akan saya bagikan lagi tips-tips meningkatkan kinerja android anda. Terimakasih.....


0 komentar:

Posting Komentar