Cara Mengatasi Laptop Yang sering Mati


Cara Mengatasi Laptop Yang sering Mati

Laptop anda sering mati? Lakukan langkah-langkah berikut maka kamu akan terkejut dengan hasilnya. Permasalahan yang sering muncul pada laptop adalah kadang –kadang mati sendiri atau restart tanpa kasih permisi. :v dari beberapa penyebab terjadinya mati mendadak adalah kotoran yang ada pada hardware laptop anda.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop yang mati sendiri:
Memory RAM yang bermasalah
RAM memiliki peran yang sangat penting pada sebuah laptop dan komputer. RAM adalah penyimpanan data sementara dalam pengoperasian laptop, jadi jika ada sedikit saja masalah terjadi pada RAM maka kinerja laptop akan terganggu. Jadi jika laptop anda tiba tiba mati sendiri, saran pertama adalah coba lepas RAM dan bersihkan debu yang melekat pada RAM dan socketnya.
Banyak kotoran pada fan Processor
Ini sebenarnya masalah yang sepele namun berakibat fatal pada laptop anda. Seiring dengan pemakaian laptop, tentunya banyak debu yang mengendap didalam laptop anda, tapi berhubung kebanyakan pengguna laptop tidak tahu cara membersihkan daleman laptop, maka lambat laun debu semakin banyak dan menyebabkan kipas tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga mengakibatkan processor overheat. Kalau sudah begini segera bersihkan laptop anda dari debu debu yang masih melekat.
Thermal paste kering
Pada processor anda terdapat pasta sebagai pendingin yang menghubungkan processor menempel pada hedsink processor, ini bertujuan agar processor tidak overheat atau kepanasan. Oleh sebab itu akan berakibat fatal jika thermal paste tersebut kering akibat terlalu lama tidak diganti dengan yang baru. Saran saya segera bersihkan pasta yang sudah kering tersebut lalu ganti dengan yang baru.
Sistem Operasi terjangkit virus atau bermasalah
Nah permasalahan yang satu ini tidak ada cara lain selain menginstal ulang OS anda. Jadi silahkan instal ulang OS anda atau sekalian di upgrade ke windows yang lebih baru jika memungkinkan.
Mainboard Rusak
Untuk kerusakan pada hardware apalagi pada mainboard memang rada susah pemecahanya, jadi sebelum sampai memvonis bahwa kerusakan terjadi pada mainboard, ada baiknya anda mengulangi sekali lagi mengecek satu persatu langkah langkah diatas. Namun jika memang sudah bisa dipastikan mainboard anda yang rusak, silahkan ganti dengan mobo (mainboard ) yang baru.

Untuk langkah lain yang lebih jelas mengenai cara mengatasi laptop yang sring mati, saya merekomendasikan sebuah ebook panduan memperbaiki komputer/laptop untuk pemula. Dalam ebook ini sudah dibahas secara lengkap dan praktis step by step cara mendiagnosa permasalah yang sering muncul pada laptop/komputer anda. Silahkan unduh ebooknya disini.


1 komentar: