cara memperbaiki laptop yang tidak bisa booting

Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika Laptop anda tidak bisa Booting

Jangan keburu panik jika laptop anda mengalami kasus yang seperti itu. Kasus ini bisa saja mengindikasikan kerusakan yang fatal pada laptop anda. Namun belum tentu juga sich.... bisa jadi hanya kerusakan ringan yang bisa anda atasi sendiri tanpa membawanya ke tempat service.

Berikut ini adalah masalah yang sering terjadi pada laptop anda. Laptop tidak bisa boting sama sekali, power menyala ketika dihidupkan tapi tidak bisa lalu Blank. Dan jika dan kebanyakan tukang service pasti akan mengatakan bahwa mainboardnya yang rusak dan harus diganti, dan selesai masalah.

Tapi sayangnya biaya mengganti mainbord itu tidak murah lho..... 
Sebenarnya bukan hanya kerusakan mainboard yang bisa menyebabkan laptop anda tidak bisa booting dan blank. Kerusakan prossesor juga mengakibatkan blank. 

Berikut ini adalah langkah-langkah penting yang perlu anda lakukan untuk mengetahui secara pasti apa penyebab dari laptop yang tidak bisa booting/blank:
  1. Apakah BIOS masih bisa diakses? Artinya POST test masih jalan (masih muncul tulisan putih pada layar hitam)
  2. Jika BIOS masih bisa diakses, tetapi layar menjadi blank ketika akan masuk Windows, maka bisa dipastikan bukan Mainboardnya yang rusak.
  3. Sebaiknya install ulang OS (sistem operasinya)
  4. Jika BIOS tidak bisa diakses, maka ada tiga kemungkinan. Bisa jadi yang rusak adalah: Mainboard, Processor, atau Memory.
  5. Pastikan dimana kerusakanya sesuai penjelasan saya diatas.
CATATAN: Ada baiknya anda bisa melakukan tes sendiri pada laptop anda. Karena jika tidak maka penjelasan saya diatas tidak ada gunanya dan pada akhirnya anda ikut saja dengan apa kata tukang service. Maaf, kebanyakan dari mereka ingin mencari jalan pintas (mengganti dengan hardware yang baru).

4 komentar:

  1. Kalaw Ъќ>:/ bisa masuk bios gimana gan baru mencet tombol power lngsung blank hitam.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak bisa masuk bios kemungkinan yang rusak hardwarenya gan.

      Hapus
    2. langkah pertama coba lepas memory RAM, bersihkan lalu pasang lagi. setelah itu coba dinyalakan. ada perubahan atau tidak?

      Hapus
    3. Laptop saya HP 520, kalau masuk bios normal, udah saya atur boot lewat hdd, tetapi begitu keluar dari bios lcd laptop hanya menyala putih tidak mau booting ke hdd, kira kira apanya ya

      Hapus