Tips Merawat Printer

Tips merawat printer– Di era sekarang ini keseharian kita tentunya tidak terlepas dari yang namanya cetak-mencetak, baik itu berupa teks makalah untuk para pelajar, ataupun mencetak foto-foto untuk keperluan seharian anda. Demi kelancaran dan kemudahan, hampir semua orang memiliki alat cetak/printer. Namun tak jarang dari kita yang masih perlu pengetahuan lebih untuk merawat dan memelihara peralatan kita yang satu ini. Karena Printer membutuhkan pemeliharaan yang baik dan benar agar tetap awet dan bertahan lama ketika di pakai dalam menyelesesaikan suatu perkerjaan. Selain usia dari printer itu sendiri, perawatan tentunya berperan penting dalam performa printer itu sendiri.


Bagi anda yang masih membutuhkan tambahan informasi dalam merawat printer anda, silahkan  simak tips merawat printer berikut ini:


•   Jangan biarkan printer anda terlalu lama tidak dipergunakan, kalaupun anda memang sedang tidak memerlukan printer anda untuk mencetak, gunakanlah untuk mencetak sesuatu, hal ini hanya agar printer anda tidak terlalu lama tidak digunakan.

•   Jangan lupa cek tinta anda dalam catrigde, jangan sampai kehabisan. Karena ketika anda baru mengisi ulang tinta anda setelah tinta benar-benar habis, maka kemungkinan printer anda akan bermasalah.

•   Ketika anda hendak melepas catridge, lakukanlah dengan hati-hati. Jangan sampai head catridge tergores. Dan jangan sampai menyentuh plat kuning yang terdapat pada catridge, karena plat itu sangat sensitif sekali terhadap sesuatu.

•   Usahakan pilih jenis tinta yang berkualitas, jangan hanya demi menghemat uang dalam membeli tinta tapi malah printer anda yang dikorbankan.

•   Jangan menggunakan kertas yang sudah kusuh atau kotor untuk mencetak. Karewna dapat mengotori bagian roll printer anda. Selain itu juga dimungkinkan kertas akan nyangkut pada printer yang mengakibatkan gangguan pada head printer anda.

•   Jangan terlalu berlebihan menggunakan printer untuk mencetak melebihi kemampuan printer itu sendiri. Dalam hal ini setiap printer mempunyai spesifikasi yang berbeda.

•   Jangan terlalu banyak menggunakan kertas tebal untuk mencetak karena akan mengurangi daya gigit pada printer sewaktu proses cetak.

•   Posisikan infuse dan printer dalam keadaan sejajar, hal ini agar tidak terjadi tumpahan tinta yan tidak terpakai yang mengakibatkan printer over ink.

•   Matikan printer sesuai dengan yang tertera pada buku panduan.

•   Bersihkan printer secara rutin dan berkala.

•   Tutup printer anda ketika tidak digunakan untuk menghindari debu masuk ke dalam printer anda

Demikianlah ulasan artikel tips merawat printer. semoga  menjadi informasi yang berguna bagi anda semua yang memang membutuhkan informasi ini.

Anda juga bisa mendapatkan tips-tips merawat printer dengan langkah-langkah yang benar dengan mengunduh E-book step by step merawat printer. E-book ini memang tidak gratis, tapi saya yakin harganya masih terlalu murah jika dibandingkan dengan biaya reparasi printer anda ditempat service komputer.

1 komentar:

  1. Good informative content, nice blog and suport traffic for u here,thanks

    BalasHapus