Cara Menghemat Baterai Laptop

Cara Menghemat Baterai Laptop - Bagi beberapa dari anda mungkin lebih menyukai menggunakan laptop daripada komputer desktop, dimana laptop memang lebih mobile. Laptop menggunakan baterai sebagai sumber energi, sehingga penggunaannya tidak bergantung pada sumber listrik PLN. Tetapi kendala yang dihadapi adalah daya tahan baterai saat penggunaan selama mobile, bagi beberapa pengguna laptop kekuatan atau daya tahan baterai menjadi sebuah masalah yang cukup pelik. Untuk itu anda sebagai pengguna laptop membutuhkan tips mengenai cara menghemat baterai laptop.



Cara menghemat baterai laptop
Namun anda bisa meminimalisir permasalahan ini dengan beberapa tips berikut.

Jaga agar laptop tetap bersih.
Kebersihan laptop merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan besar tidaknya daya yang dikonsumsi oleh laptop. Mungkin peryataan tersebut terdengar konyol, tetapi apabila ditelusuri lebih lanjut maka anda akan mengerti kenapa kebersihan laptop juga sebagai faktor penentu besarnya daya yang dikonsumsi laptop.
Kondisi laptop yang berdebu, apalagi berdebu pada bagian dalam laptop akan menyebabkanboard laptop menjadi semakin panas. Semakin panasnya suhu didalam laptop akan mengakibatkan kipas yang ada pada laptop bekerja semakin keras, inilah yang akhinya menjadikan konsumsi daya meningkat.

Rutin defrag harddisk.
Bagi beberapa diantara anda mungkin masih awam dengan istilah defragdefragment. Ini adalah tool bawaan dari windows yang memungkin kan data pada harddisk anda ditata kembali sedemikian rupa sehingga prosessor anda akan lebih cepat untuk membaca dan menemukan data yang anda mau. Dengan lebih tertatanya data maka konsumsi daya oleh prosessor untuk mencari data akan berkurang.

Jangan gunakan USB.
Kebanyakan orang secara tidak sadar menggunakan USB yang ada di laptop untuk keperluan yang tidak penting. Seperti contohnya apabila telah selesai meng-copy sebuah file dari flasdiskdan lupa tidak dicabut, apalagi membaca file langsung dari sebuah flashdisk secara terus menerus. Kita sadari atau tidak tindakan seperti itu juga akan menambah konsumsi daya laptop kita. Karena kalau anda ketahuai bahwa setiap device yang terhubung ke USB akan mengkonsumsi tegangan dari baterai. Tegangan output yang dihasilkan dari tiap-tiap port USB adalah 5VDC.

Jika anda ingin mempelajari Teknisi komputer dan Laptop KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar