Membatasi Aplikasi Di Windows 7


Membatasi penggunaan aplikasi yang bisa dijalankan berdasarkan pengguna komputer sangat cocok pada komputer yang dipakai banyak orang. Kamu bisa membatasi aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa dijalankan oleh si A dan aplikasi-aplikasi apa saja yang boleh dijalankan oleh si B dan aplikasi-aplikasi apa saja yang boleh digunakan oleh si C.

Dengan membatasi aplikasi berdasarkan pengguna komputer, kamu tidak Cuma memproteksi file-file dan aplikasi dari perubahan yang dilakukan secara sengaja atau tidakoleh pengguna komputer yang tidak semestinya, tetapi juga mampu mencegah kerusakan pada sistem komputer anda. Fitur ini juga berguna bagi anda yang ingin membatasi aplikasi untuk anak-anak. Biasanya anak-anak yang berusia sekitar 5-16 tahun akan cenderung mencoba-coba aplikasi yang mungkin baru bagi mereka. Karena keinginan mereka yang sangat besar tersebut tidak jarang mereka menjalankan aplikasi-aplikasi yang tidak semestinya mereka jalankan, ketika mereka menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut, dikawatirkan mereka akan melakukan perubaha-perubahan setting aplikasi tersebut.

Selain itu, buat teman-teman kamu yang suka meminjam komputer/laptop kamu dan sering usil dengan melakukan perubahan-perubahan terhadap aplikasi-aplikasi agar tidak berjalan normal atau melakukan perubahan terhadap sistem komputer anda. Sekarang kamu juga bisa balik usilin merka dengan membatasi penggunaan aplikasi-aplikasi yang bisa dijalankan, dengan begitu mereka tidak bisa usil terhadap kamu lagi.

Untuk membatasi aplikasi di windows 7 anda kita bisa menggunakan fitur Application Restrictions yang terdapat pada windows parental control. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1.      Untuk membuka windows parental control, klik tombol start kemudian pilih control panel.
2.      Muncul jendela control panel, selanjutnya pada user account and family safety pilih opsi set up parental control for any user.
3.      Muncul jendela parental control, kemudian pilih user yang akan dibatasi. Pada contoh ini saya menggunakan user aly nusron. Jika kamu ingin membatasi banyak pengguna, kamu harus melakukanya satu persatu untuk setiap pengguna.
4.      Muncul jendela user controls, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan parental control pada pengguna tersebut dengan memilih opsi ON, enforce current setting pada bagian parental control, kemudian klik pada allowand block specific programs.
5.      Setelah muncul jendela Applications Restrictrions, pada which programs can aly nusron use: pilih opsi aly nusron can only use program I allow, hal ini berarti user aly nusron hanya bisa menggunakan palikasi yang  diizinkan. Selanjutnya parental control akan mendeteksi semua aplikasi yang terinstal pada komputer, dan biasanya akan memakan waktu beberapa saat tergantung banyaknya aplikasi yang ada pada komputer anda. Tunggu sampai proses selesai.
6.      Setelah proses selesai, semua aplikasi yang terinstal pada komputer anda akan terlihat. Pada contoh ini saya hanya mengizinkan user aly nusron untuk menjalankan aplikasi software Microsoft Word dan menolak menjalankan aplikasi yang lain. Beri centang pada WINWORD.EXE kemudian klik tombol OK.
7.      Setelah kamu melakukan pengaturan pada parental control, coba uji dengan melakukan Log Off atau Swicth user dan login kembali menggunakan akun yang telah kita set Applications Restriction-nya. Pada contoh ini saya login denga nama aly nusron dan langsung membuka aplikasi Microsoft Word dan berhasil dijalankan.

 Selanjutnya saya mencoba menjalankan Microsoft Excel, dan muncul peringatan bahwa aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan karena diblok oleh parental control. Hal in menunjukkan bahwa pengaturan yang telah dilakukan berhasil dimana saya hanya mengizinkan user aly nusron untuk menjalankan aplikasi Microsoft Word. Selanjutnya kamu bisa mengembangkanya sendiri untuk melakukan pembatasan pada aplikasi-aplikasi lain sesuai keinginanmu.

Oke......sekian dulu sharing dari alynusron.blogspot.com yang membahas tentang cara Membatasi Aplikasi Di Windows 7. saya sendiri masih butuh banyak masukan dari para pembaca sekalian. Silahkan sampaikan uneg-uneg anda tentunya dengan bahasa yang santun di kolom komentar. Sekian dulu terima kasih.



0 komentar:

Posting Komentar