Printer Anda Sering Bermasalah? lakukan tips berikut

Tips Praktis Cara Perawatan Printer

Printer atau alat cetak adalah alat yang menampilkan data, gambar/grafik dalam bentuk cetakan diatas kertas. printer sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). Baki atau Tray adalah tempat menaruh kertas. tinta adalah alat pencetaknya, yang menghasilkan tulisan atau gambar pada kertas. lalu ada kabel USB sebagai penghubung ke komputer/laptop anda.


Dari semua komponen printer tersebut sangat berkaitan erat satu sama lain demi menghasilkan hasil cetakan yang sempurna. maka dari itu kita harus merawatnya secara berkala agar kinerja printer tetap optimal.

Cara Merawat Printer
Disini saya akan menjelaskan cara merawat printer anda.
1. Gunakan printer anda secara berkala.
langkah ini bertujuan agar tinta pada nozzle tidak mengering karena terlalu lama tidak digunakan. jadi saya anjurkan untuk tetap melakukan langkah ini meskipun  anda sedang tidak ada keperluan mencetak apapun.
2. Isi ulang Tinta
Segera refill sebelum tinta benar benar habis, hal ini bertujuan agar head catridge printer yang Anda gunakan menjadi awet dan tahan lama.
3. Matikan printer dengan cara menekan tombol power
Jangan sekali kali mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel power. Dengan menekan tombol power pada saat mematikan printer, printer otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali ke tempatnya.
4. Jangan menggunakan kertas yang kotor
kertas kotor dan berdebu menyebabkan roll penarik kertas menjadi kotor. hal ini bisa menyebabkan roll aus dan berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas dengan baik.
5. Menjaga Kebersihan Printer
Selalu jaga kebersihan printer anda. lakukan pembersihan secara berkala dan jangan lupa untuk menutup printer setelah selesai digunakan.

Itulah sedikit tips dari alynusron.blogspot.com tentang cara merawat printer anda agar lebih awet dan selalu dalam kondisi optimal. semoga dengan tips merawat printer ini menjadikan printer anda mampu menghasilkan hasil cetaka yang baik dan tidak mengecewakan.

0 komentar:

Posting Komentar